Ini Empat Fakta Menarik Penyandang Disabilitas Yang Harus Anda Ketahui

Di kehidupan sehari-hari kita tentu sering mendengar adanya istilah disabilitas atau difabel. Bahkan, istilah penyandang disabilitas juga sering kita temukan di mana biasanya mengacu pada seseorang yang memiliki keterbatasan fisik atau mental https://www.kompasiana.com/christiesuharto/5bf0f1d912ae946a5e2951d2/tidak-ada-kata-tidak-bisa-bersama-teman-teman-penyandang-disabilitas-kami-bisa. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ada makna dibalik penyebutan difable atua disabilitas tersebut.

Penyebutan penyandang disabilitas sebenarnya mulai dikemukakan untuk menghapus atua menghilangkan kata “cacat” atau bahkan “tidak normal” kepada mereka yang memilik keterbatasan. Sedangkan untuk mereka yang tidak memiliki keterbatasan biasanya akan disebut sebagai “non-disabilitas” atau “non-difabel”. Selain itu, ada beberapa fakta menarik tentang disabilitas yang harus anda ketahui juga.

1. Mereka yang memilik keterbatasan pendengaran biasanya lebih suka untuk disebut dengan Tuli daripada Rungu. Menurut mereke, tuli lebih menunjukmkan identitas mereka yang memilikki cara berkomunikasi yang berbeda dengan orang lainnya. Sedangkan rungu biasanya lebih mengacau kepada tidak bisa mendengar aau bicara saja. Mereka juga memiliki cara berkomunikasi yang berbeda di setiap daerah.

2. Ada pertandingan atau berbagai cabang olahraga yang khusus dilakukan oleh para penyandang disabilitas dan disebut dengan paralympic. Pada pertandingan Paralympic 2017 lalu di Brasil, cabang tenis lapangan kursi roda dimenangkan oleh peserta asal Jepang.

3. Beberapa orang para penyandang disabilitas yang mengalami disabilitas fisik biasanya mengatur ulang kendaraan mereka agar memudahkan mereka dalam mobilitas yang mereka lakukan setiap hari. Biasanya yang mereka modifikasi adalah motor atau sepeda yang biasanya mereka gunakan.

4. Ada banyak tokoh dunia yang juga seorang penyandang disabilitas. Sebut saja Hellen Weker, Stevie Wonder dan masih banyak lagi.

Dengan beberapa fakta menarik di atas, maka kita bisa mengetahui bahwa ada banyak orang yang mengalami gangguan atau keterbatasan pada fisik mereka namun tetap bisa berprestasi di bidangnya masing-masing. Ini juga menjadi salah satu cara di mana anda bisa mengapresiasi para penyandang disabilitas yang tetap berjuang untuk menjalankan kehidupan mereka tanpa mengeluh. Sebab, biasanya yang mereka inginkan adalah pengakuan untuk keberadaan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *